Dalam rangka pengembangan kurikulum merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024, SMA Negeri 1 Wuryantoro menyelenggarakan kegiatan “IHT Penyusunan Dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)” di Aula SMA Negeri 1 Wuryantoro, Selasa (13/6).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Broto Apriliyanto, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa dengan adanya review dan penyusunan panduan kurikulum ini dapat menjadi acuan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (KBM)  yang lebih baik supaya mencapai profil pelajar Pancasila. Pada tahun pelajaran 2023/2024, SM Negeri 1 Wuryantoro masih menjalankan 2 kurikulum, yakni Kurikulum Merdeka untuk kelas X dan XI serta Kurikulum 2013 untuk kelas XII.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, adalah pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI, Drs. Setyawan, M.Pd. Menurut beliau profil pelajar Pancasila dapat dicapai melalui proses pembelajaran yang terpadu dan menyeluruh seperti budaya sekolah, intrakulikuler, kokurikuler, dan ekstrakulikuler. Guru perlu mereview Kembali Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar(MA) menyesuaikan dengan kondisi peserta didik. Selain iutu kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sejauh mungkin mengoptimalkan potensi peserta didik. Guru juga perlu melakukan tes diagnostic di awal pembelajaran serta melakukan tes formatif untuk melihat sejauh mana kualitas pembelajaran berlangsung. Berbagai kondisi anak yang beranekaragam perlu dilayani denhan pembelajaran yang berdiferensiasi.

Sekolah harus segera menyelesaikan berbagai dokumen yang akan diupload dalam Sistem Informasi Verval Kurikulum sebagai dasar pelaksanaan KBM di tahun ajaran yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *