Sebagai upaya mempersiapkan siswa dalam melanjutkan studi, SMA N 1 Wuryantoro membuka konsultasi seluas-luasnya bagi seluruh siswa.

Layanan konsultasi tersebut dibuka untuk membantu mengarahkan siswa memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan dan nilai yang diperoleh.

Menururt Koordinator BK, Lilik Retnaningrum, S.Pd., ruang konsultasi itu sangat dibutuhkan bagi siswa kelas XII, makanya biasanya guru BK itu akan ramai dicari pada situasi seperti saat ini. Karena biasanya siswa itu kebingungan untuk memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan nilai dan kemampuannya,” katanya.

Materi yang dikonsultasikan oleh siswa beragamsalah satunya adalah ketika orangtua memberikan keputusan sepenuhnya kepada sang anak, kemudian akan timbul kekhawatiran jadi salah pilih, terkait jarak perguruan tingg, serta biaya hidup yang mesti dipersiapkan. Dalam hal tersebut, tugas guru BK adalah menguatkan dan membantu mengarahkan siswa agar memiliki keputusan yang tepat dan sesuai dengan pilihannya.

Hal senada disampaikan salah satu guru BK yang menangani SNBP, Retno Wahyu Rilliyan, S.Pd. “Biasanya kami sharing dengan siswa, ngobrol santai agar mereka lebih terbuka dan leluasa menyampaikan permasalahannya,” katanya di sela-sela sibuknya melayani konsultasi.

Sementara itu menurut Ayudi Setyp Prayogo, S.Pd. dan Muh Arif, S.Pd., layanan konsultasi dibuka seluas-luasnya bagi seluruh siswa agar mereka dapat menentukan pilihan yang sesuai dan tepat. “Ada waktu-waktu tertentu yang memang dibuka seluas-luasnya bagi siswa, agar bisa melakukan konsultasi kepada guru BK, selama tidak berbenturan dengan jam pelajaran” katanya.

Terlebih sepertin saat Ujian Praktik seperti sekarang, ada waktu-waktu longgar yang bisa digunakan siswa untuk berkonsultasi. Layanan konsultasi tidak hanya dengan guru BK, namun juga bisa dilakukan dengan guru mata pelajaran atau wali kelas.

Diharapkan dengan bertanya kepada sumber yang tepat, siswa tidak salah dalam mengambil keputusan yang berpengaruh pada masa depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *