Menjaga kelestarian alam berarti menjaga kelangsungan masa depan manusia. Pernyataan ini rupanya menarik minat peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wuryantoro dalam melaksanakan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Mulai 6 s.d. 16 April, SMA Negeri 1 Wuryantoro melaksanakan kegiatan projek dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Menurut koordinator projek Dony Mustova, S.Kom. kegiatan ini meliputi tamanisasi, pembuatan kompos, serta daur ulang sampah.

Diawali dengan kegiatan seminar tentang daur ulang sampah dengan narasumber Ibu Wartini dari Desa Pijiharjo Kecamatan Manyaran. Dalam kegiatan itu peserta didik mendapat ilmu dan wawasan bagaimana mengolah sampah non organi menjadi barang-barang yang mempunyai nilai ekonomi. Misalkan plastik, botol, kertas, dan lain-lain menjadi tas, berbagai bunga, dan hiasan lainnya.

Berikutnya seminar tentang pembuatan kompos dari sampah organik menghadirkan narasumber Bapak Drs. Wiwin Harjanto dari SMA Negeri 3 Wonogiri. Peserta didik diajak membuatĀ  kompos dengan memanfaatkan berbagai sampah organik yang ada di sekolah. Pupuk ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk menambah kesuburan taman-taman sekolah atau bisa dijual sehingga bernilai ekonomi.

 

 

 

 

 

 

Pada hari berikutnya peserta didik membuat dan merawat taman di depan kelas masing-masing atau beberapa bagian taman sekolah. Selain itu sebagian peserta didik sibuk membuat karya dengan memanfaatkan sampah anorganik yang ada.

Pada akhirnya panitia menyelenggarakan gelar karya dengan Tema Jaga Alam, Jaga Masa Depan pada Kamis, 16 Februari 2023. Kegiatan ini menadpatkan sambutan yang antusias dari pengunjung. Diharapkan melalui kegiatan projek ini, peserta didik bisa mememnfaatkan barang yang tidak berharga menjadi barang yang bernilai seni atau ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *