Oleh : Erna Kusuma Astuti, S.E.

Guru PKWU dan Ekonomi SMA Negeri 1 Wuryantoro

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan sebagai salah satu media dalam kegiatan pembelajaran. Apalagi pembelajaran pada tahun ini termasuk masa peralihan dari pembelajaran yang dilakukan secara daring, semi daring dan luring menjadi luring sepenuhnya (yang semula dapat dilakukan dengan berbaring di rumah kini dilakukan sepenuhnya di sekolah) sangat membutuhkan tenaga ekstra untuk dapat membangkitkan minat belajar.

Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Wuryantoro memberikan layanan pembelajaran kepada peserta didik kelas X secara klasikal dan terjadwal secara rutin dengan alokasi waktu tiga jam pelajaran (waktu 1 jam pelajaran 45 menit). Pelaksanaan pembelajaran ini bertujuan agar peserta didik menguasai dan mempraktekkan materi yang telah disampaikan oleh guru.  Berdasarkan masalah tersebut, maka pembelajaran Ekonomi Fase E Kelas X 2 SMA Negeri 1 Wuryantoro Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk Tujuan Pembelajaran 10.6 Menjelaskan konsep sistem pembayaran dalam perekonomian. Pendidik memilih menggunakan aplikasi Padlet yang diharapkan dapat meningkatkan minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

Padlet adalah aplikasi yang dibuat Nitesh Goel pada tahun 2008 di Amerika Serikat. Aplikasi dapat menyimpan dan menyalin file serta dokumen yang kemudian dapat dikirimkan oleh pendidik kepada peserta didik. Padlet merupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis internet yang berfungsi sebagai tempat berbagi informasi berupa teks, foto, link, video yang disebut dinding (wall). Dengan menggunakan aplikasi Padlet, maka guru dituntut untuk menentukan media pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk dapat menguasai dan menerapkan materi pembelajaran.                    Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Padlet antara lain : tersedia versi gratis, Aplikasi tidak perlu diunduh sehingga ramah memori, Padlet mampu menciptakan suasana kelas ril (social presence dan teaching presence) karena pendidik dan peserta didik berada dalam satu waktu, semua bisa menyampaikan ide dan gagasan dengan menggunakan teks, audio atau video, pendidik bisa menyajikan perangkat pembelajaran, bahan ajar, daftar hadir, penilaian secara langsung di kolom padlet atau menggunakan link dari web dan google form yang telah disiapkan sebelumnya. Padlet menyediankan fitur tautan yang lengkap, pendidik bisa menata papan tulis online padlet semenarik mungkin dan menyisipkan aplikasi game edukatif seperti Kahoot atau Mentimeter, endidik bisa menata aktivitas belajar lebih variatif berbasis tugas atau proyek secara individu, berpasangan atau berkelompok dan pendidik dan peserta didik bisa berganti peran secara leluasa. Selain memiliki kelebihan Padlet juga memiliki kelemahan antara lain : kendala yang dialami di antaranya mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi Padlet jika jaringan atau sinyal kurang stabil, kendala dengan memori handphone yang penuh dan krisis kuota, hal ini membuat peserta didik tidak dapat mengunduh aplikasi Padlet, kendala yang dialami dalam teknik penggunaan yakni, ikon dalam aplikasi Padlet cukup sensitif.

Dengan banyak kelebihan aplikasi Padlet yang digunakan oleh pendidik pada mata pelajaran Ekonomi sangat diharapkan membantu dalam meningkatkan minat belajar peserta Fase E kelas X 2 SMA Negeri 1 Wuryantoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *