SMA Negeri 1 Wuryantoro, Jawa Tengah menggelar puluhan karya seni dalam bentuk poster dan film pendek dengan tema Suara Demokrasi pada Jumat (7/10). Gelar karya tersebut diikuti siswa kelas X sebagai rangkaian kegiatan Projek Penguatan Pelajar Pancasila

“Gelar karya ini bukan hanya sebatas untuk penilaian projek, namun sebagai wahana untuk memotivasi siswa terjun dalam dunia kreatif dan menemukan kreativitas di dalam dirinya sendiri,” kata Pengampu Tema Suara Demokrasi, Aprilia Kurniasih, S.Sos..

Kegiatan ini merupakan ruang kreatif untuk memerdekakan belajar siswa. Selain itu dengan adanya projek siswa diberikan keleluasaan pikir maupun imajinasi untuk menuangkan ide  yang bernilai estetis dan penuh akan makna.

“Saya berharap dengan pembuatan poster dan film pendek ini kedepannya mereka menjadi lebih peduli dengan demokrasi di Indonesia.” Lanjutnya.

Kegiatan Gelar Karya dilaksanakan dalam 2 lokasi, yakn di aula dengan kegiatan menyaksikan film pendek dengan tema demokrasi, sedangkan loksi kedua adalah di tempat parkir guru/karyawan dengan memamerkan puluhan poster dengan tema yang sama.

Poster dan film ini sendiri dibuat selama beberapa hari oleh peserta didik kelas X dengan bimbingan guru yang kompeten di bidangnya. Diantaranya Bambang Riyadi, S.Pd., Dasih Darmaji, S.Sn., dan Samsul Hidayat, S.Sn. yang ahli dalam membuat konten kreatif. Keunikan dan keindahan karya peserta didik menunjukkan bahwa mereka mulai paham tentang kehidupan demokrasi, sehingga diharapkan pada pesta demokrasi yang sesungguhnya peserta didik bisa bijak dalam bersikap sebagai warga negara yang baik.

Peserta didik kelas XI dan XII secara terjadwal mendapat kesempata untuk menyaksikan dan menikmati pameran poster dan film pendek yang menarik. Menurut ketua panitia projek, Broto Apriliyanto, S.Pd., M.Pd., karya peserta didik kelas X ternyata melebihi dari ekspetasi yang ditetapkan. Ternyata peserat didik banyak menyimpan potensi yang selama ini mungkin belum dimaksimalkan karena terkendala kegiatan sekolah yang sangat tepat. Setelah kegiatan ini diharapkan, kreatifitas, kekompakan, dan daya juang dalam menyelesaikan diharapkan tetap terjaga dalam mengikuti pembelajaran di kelas





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *